Neng Sarah Fathima
27214893
1EB35
Manajemen Operasional
Pengertian
Manajemen operasi adalah area bisnis yang berfokus pada proses produksi barang dan jasa, serta memastikan operasi bisnis berlangsung
secara efektif dan efesien. Seorang manajer operasi bertanggung jawab
mengelola proses pengubahan input (dalam bentuk material, tenaga kerja,
dan energi) menjadi output
(dalam bentuk barang dan jasa)
Ciri ciri
- Mempunyai tujuan yaitu menghasilkan barang dan jasa
- Mempunyai kegiatan yaitu proses tranformasi
- Adanya mekanisme pengendalian operasi
Fungsi
·
Sebagai
proses, berupa teknik, yaitu metode yang digunakan untuk mengolah bahan
·
Sebagai
pengorganisasian teknik dan metode, sehingga proses dapat dilaksanakan secara
efektif
·
Sebagai
dasar penetapan perencanaan bahan
·
Sebagai
pengawasan atas tujuan penggunaan bahan
Manajemen Pemasaran
Pengertian
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran.
Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan,
implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan
pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.
Ciri ciri dan konsep dasar
1. Konsep produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah.
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah.
2. Konsep produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik.
3. Konsep penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4. Konsep pemasaran
penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5. Konsep pemasaran sosial
menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6. Konsep Pemasaran Global
memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap
Fungsi
Fungsi manajemen pemasaran meliputi riset komunikasi, pengembangan
produk, komunikasi promosi, distribusi, penetapan harga dan pemberian service.
Semua kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui, melayani, memenuhi, dan
memuaskan kebutuhan konsumen.
Manajemen Produksi
Pengertian
Manajemen produksi adalah salah satu
cabang manajemen yang kegiatannya mengatur agar dapat menciptakan dan menambah
kegunaan suatu barang dan jasa. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat
keputusan-keputusan yang berhubungna dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan
agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan.
Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang
berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau
perusahaan.
Ciri ciri
1. Produksi dalam jumlah besar
(produksi massa), variasi produk sangat kecil dan sudah distandardisir.
2. Menggunakan product lay out atau departementation by product.
3. Mesin bersifat khusus (special purpose machines)
4. Operator tidak mempunyai keahlian/skill yang tinggi.
5. Salah satu mesin /peralatan rusak atau terhenti, seluruh proses produksi terhenti.
6. Tenaga kerja sedikit
7. Persediaan bahan mentah dan bahan dalam proses kecil
8. Dibutuhkan maintenance specialist yang berpengetahuan dan pengalaman yang banyak
9. Pemindahan bahan dengan peralatan handling yang fixed ( fixed path equipment ) menggunakan ban berjalan ( conveyor ).
2. Menggunakan product lay out atau departementation by product.
3. Mesin bersifat khusus (special purpose machines)
4. Operator tidak mempunyai keahlian/skill yang tinggi.
5. Salah satu mesin /peralatan rusak atau terhenti, seluruh proses produksi terhenti.
6. Tenaga kerja sedikit
7. Persediaan bahan mentah dan bahan dalam proses kecil
8. Dibutuhkan maintenance specialist yang berpengetahuan dan pengalaman yang banyak
9. Pemindahan bahan dengan peralatan handling yang fixed ( fixed path equipment ) menggunakan ban berjalan ( conveyor ).
Fungsi
Manajemen produksi bertujuan mengatur
penggunaan faktor-faktor produksi yang ada sedemikian rupa sehingga proses
produksi dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
1. Fungsi Perencanaan Produk
2. Fungsi Perencanaan Proses
3. Fungsi Persediaan
4. Fungsi Pengawasan
5. Fungsi Pengawasan Mutu
6. Fungsi Pengawasan biaya
7. Fungsi Pengangkutan
2. Fungsi Perencanaan Proses
3. Fungsi Persediaan
4. Fungsi Pengawasan
5. Fungsi Pengawasan Mutu
6. Fungsi Pengawasan biaya
7. Fungsi Pengangkutan
Manajemen SDM
Pengertian
MSDM adalah sebuah singkatan yang
berkaitan secara langsung dengan fungsi organisasi yang mengatur berbagai topik
seperti manajemen kinerja, kesehatan karyawan, kompensasi, gaji, pengembangan
organisasi, keamanan, pelatihan pekerja, administrasi karyawan, dan komunikasi
karyawan.
Ciri ciri
• Desain Organisasi
• Manajemen penilaian kinerja tenaga kerja
• Pengaturan staff/pekerja
• Pengaturan sistem penghargaan, asas manfaat, dan kepatuhan
• Pengembangan organisasi dan karyawan
• Manajemen penilaian kinerja tenaga kerja
• Pengaturan staff/pekerja
• Pengaturan sistem penghargaan, asas manfaat, dan kepatuhan
• Pengembangan organisasi dan karyawan
Fungsi dan Tujuan
mengatur
dan memastikan supaya jembatan yang menghubungkan perusahaan dan karyawan bisa
terbangun dengan baik, kokoh, dan mendatangkan manfaat besar bagi perusahaan.
Tujuannya adalah untuk merumuskan
kebutuhan pegawai, mengembangkan dan memberdayakan pegawai untuk memperoleh
nilai maslahat optimal bagi individu pegawai yang bersangkutan, organisasi dan
masyarakat yang dilayaninya. MSDM dilaksanakan untuk mewujudkan organisasi yang
sehat, yaitu organisasi yang memiliki jumlah dan kualifikasi pegawai sesuai
dengan beban dan tugas-tugas organisasi yang ada di dalamnya. MSDM harus
mendukung tingkat ketahanan organisasi, pertumbuhan, produktivitas dan
kompetisi.
Manajemen Keuangan
Pengertian
Seorang manajer keuangan dalam suatu perusahaan harus
mengetahui bagaimana mengelola segala unsur dan segi keuangan, hal ini wajib
dilakukan karena keuangan merupakan salah satu fungsi penting dalam mencapai
tujuan perusahaan.
Unsur manajemen keuangan harus diketahui oleh
seorang manajer. Misalkan saja seorang manajer keuangan tidak mengetahui apa-apa saja
yang menjadi unsur-unsur manajemen keuangan, maka akan muncul kesulitan dalam
menjalankan suatu perusahaan tersebut.
Ciri ciri
1.
Bisa
menginvestasikan modalnya dengan baik untuk jangka waktu yang panjang.
2.
Mengerti/memahami
kondisi keuangan
3.
Harus
bisa menghitung laba rugi
Fungsi
1.
Perencanaan
Keuangan, membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan
lainnya untuk periode tertentu.
2.
Penganggaran
Keuangan, tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail
pengeluaran dan pemasukan.
3.
Pengelolaan
Keuangan, menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan
berbagai cara.
4.
Pencarian
Keuangan, mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional
kegiatan perusahaan.
5.
Penyimpanan
Keuangan, mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana
tersebut.
6.
Pengendalian
Keuangan, melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan
pada perusahaan.
7.
Pemeriksaan
Keuangan, melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi
penyimpangan.
8.
Pelaporan
keuangan, penyediaan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan sekaligus sebagai bahan evaluasi
Kesimpulan:
Manajemen adalah suatu proses
pencapaian tujuan melalui kerja orang lain. Seorang manajer harus memiliki
fungsi perencanaan, perorganisasian, pergerakan pelaksanaan, dan pengawasan
yang baik denga memanfaatkan ilmu dan seninya untuk menyelesaikan tujuan yang
telah ditetapkan sebelumnya.
Sumber:
No comments:
Post a Comment